Profile Facebook Twitter My Space Friendster Friendfeed You Tube
Kompas Tempo Detiknews
Google Yahoo MSN
Blue Sky Simple News Simple News R.1 Simple News R.2 Simple News R.3 Simple News R.4

Senin, 10 Januari 2011 | 12:26 AM | 0 Comments

Announcer Qualification: 10 Syarat Jadi Penyiar


Semua orang bisa jadi penyiar atau siaran. Namun, tidak semua orang mampu siaran dengan baik dan benar sesuai dengan karakteristik radio dan pendengar.
Penyiar adalah seorang profesional dalam arti memiliki keahlian atau ketermpilan khusus –yakni keterampilan komunikasi massa dalam hal ini komunikasi melalui radio. Untuk memiliki keahlian khusus tersebut, seorang penyiar hendaknya memenuhi kualifikasi atau persyaratan sebagai berikut:

1. Suara standard –memiliki suara umum, tidak ada ”kelainan” dalam berbicara.

2. ”Suka Ngomong” –bukan pendiam atau ”pelit kata”. Penyiar harus ”cerewet” dan sigap mengomentari apa pun dan menyuarakan apa pun yang terlintas di pikirannya.

3. Wawasan –berwawasan atau memiliki pengetahuan yang luas, ”tahu banyak dan banyak tahu”, mengikuti peristiwa, isu, atau berita terkini.

4. Hilangkan dialek –dalam berbicara di radio, dialek atau logat kedaerahan harus hilang.

5. Ramah –penyiar harus friendly karena ia akan menjadi ”teman baik semua orang”, pendengarnya. Orang ramah disukai semua orang.

6. Sense of Humor –humoris, karena ia seorang penghibur, maka penyiar harus humoris, suka becanda, minimal punya teka-teki atau bahan pembicaraan untuk membuat pendengar tertawa.

7. Sense of Music –suka musik, lagu, bahkan mampu bernyanyi.

8. Sociable –suka bergaul, luwes, fleksibel, mau dan mampu berbaur dengan orang banyak dan siap bekerja sama dengan tim. Penyiar tidak bekerja sendiri, tapi ditopang “tim kerja” seperti programmer, produser, penulis naskah, dll.

9. Entertainer –berjiwa penghibur selalu berupaya menyengkan pendengar. harus mampu berekspresi secara fleksibel terdepan mengikuti segala trend lifestyle & information.

10. Adaptablepenyiar bagian dari team work. Ia tidak bekerja sendiria. Karenanya, ia harus luwes dan sanggup menyesuaikan diri dengan anggota tim dan situasi-kondisi, termasuk tuntutan program dan jadwal siaran yang berubah-ubah atau dijadwal tidak sesuai dengan keinginan. Penyiar profesional, prinsipnya, harus siap ditugaskan siaran kapan dan pada program apa saja. Karenanya, ia juga harus memahami atau menguasai keseluruhan program siaran. (http://romeltea.com/m).*

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by Herdiansyah Hamzah | Published by Jurnalborneo.com
Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.